Valentine's Day Pumping Heart

Monday, June 8, 2015

Hukum Taurat Allah dan Orang Kristen



A.    PENGERTIAN HUKUM TAURAT


Sepuluh Hukum Taurat yang diberikan Allah kepada Musa di gunung Sinai yang dituliskan di dua Batu loh. 


Sepuluh dasa titah tersebut terbagi menjadi dua bagian :

1.    Titah 1 - 4 yaitu tentang hubungan Allah dengan manusia

2.    Titah 5 - 10 yaitu tentang hubungan manusia dengan manusia



Hukum Taurat di terima bangsa Israel untuk mendidik dan menata hidup bangsa Israel menuju tanah Kanaan selama 40 tahun di gurun pasir

     Kemudian berfirmanlah Tuhan kepada Musa di gunung Sinai untuk mendirikan kemah suci dan membuat tabut perjanjian yang berisi loh hukum (Keluaran 25 : 1 - 22)



Kesepuluh dasa titah tertulis di dalam Alkitab pada perjanjian lama di (Keluaran 20 : 2 - 17)


B.    HUKUM ALLAH DAN ORANG KRISTEN

Bagi orang Kristen hukum Allah memiliki peran ganda, yaitu:



1.    Hukum Allah itu menuntun kita sampai pada Kristus

Galatia 3:24  “jadi hukum taurat adalah penuntun bagi kita sampai Kristus datang, supaya kita di benarkan karna iman”



2.    Hukum Allah menjadi pedoman hidup yang baru yaitu melalui Yesus Kristus dengan menaati hukum dengan iman

Roma 1:5 , Roma 16:26 , Yeremia 31:33 

6 comments:

  1. Mau tanyak kak, umur saya kan sudah 20 tahun dan rencana tahun depan saya mau nikah,dan tadi saya baru saja belajar sisi dan kata pendeta nya saya belajar sisi itu 2 tahun kak, dikarenakan covid sedangkan saya tahun depan menikah, gimana solusi yang baik menurut admin???🙏🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau tanyak kak, umur saya kan sudah 20 tahun dan rencana tahun depan saya mau nikah,dan tadi saya baru saja belajar sidi dan kata pendeta nya saya belajar sidi itu 2 tahun kak, dikarenakan covid sedangkan saya tahun depan menikah, gimana solusi yang baik menurut admin???🙏🙏

      Delete
    2. Setau aku sidi cuma satu tahun. Nah tergantung kamu mulainya kapan. Kalau aku udah ngambil sidi dari tahun kemarin, bulan Agustus ini lepas sidi. Sidi di HKBP biasanya buka mulai Oktober. Tapi beda kalau kamu anak rantau. Kalau kamu balik ke kampung, kamu bisa ambil sidi disana kira-kira cuma 1 minggu/2 minggu.

      Delete
  2. kak perkenalkan nama saya Rio Relichris T
    asal Tebing Tinggi Sumatera utara jadi gini ka saya dari gereja hkbp trus saya sudah naik sidi trus di baptis pada tahun 2019 kemudia merantau ke jakarta saya melanjutkan sekolah di sebuah STT ka trus Otomatis gereja Saya di karismatik trus pendeta di sini saya di minta di baptis ulang ka.. boleh apa tidak ya kak ...?

    ReplyDelete
  3. kak apakah parguru malua itu bisa lulus ketika absen kegiatan organisasinya alfa semua?dan ada beberapa absen ibadah minggunya yang alfa,tetapi ujian marguru nilainya bagus dan datang terus?

    ReplyDelete
  4. Kk waktu itu ujian lisan pertanyaan nya apa apa aja ya kk? 🙏🙏

    ReplyDelete