Valentine's Day Pumping Heart

Monday, June 15, 2015

Sakramen : Perjamuan Kudus HKBP

Perjamuan Kudus
 
            Dalam Konfessi HKBP dirumuskan bahwa kita percaya dan menyaksikan, Perjamuan Kudus ialah : memakan roti, dengan roti dimana (parhitean) kita terima daging dari Yesus Kristus Tuhan kita dan meminum anggur, dengan anggur dimana kita terima darah Tuhan kita Yesus Kristus, supaya kita peroleh keampunan dosa, hidup dan sejahtera (1 Kor 11:17-34); Mat 26; Mark 14; Luk 22). Dengan demikian Perjamuan Kudus hanya sebagai alat atau media saja. Oleh karena itu, melalui Perjamuan Kudus manusia memperoleh keampunan dosa. Melalui keampunan dosa menusia dituntut untuk hidup bersekutu dan hidup dalam damai antara yang satu dengan yang lain.



         Gereja Protestan pada umumnya lebih menekankan Perjauan Kudus sebagai peringatan akan kematain dan pengorbanan Yesus bagi umat manusia. Adapun roti dan anggur dalam sakramen yang berarti bahwa :

a.             Roti ;

             melambangkan Tubuh Kristus yang disalibkan. Makan tubuh Krists dalam arti kita dipersatukan dengan Dia, dengan menerima apa yang dilakukanNya bagi manusia (Yoh 6: 8-58). Makan roti mengingatkan bahwa Yesus menjadi manusia supaya tubuh manusiawi itu disalibkan. Ia menderita dan mati serta bangkit, untuk menciptakan tubuh baru yaitu jemaat Kristus. 
b.             Anggur 

           melambangkan darah Kristus yang ditumpahkan untuk menyucikan dosa-dosa manusia. Darah ditumpahkan dari tubuh Yesus yang terpaku di kayu salib untuk pengampunan atau penghapusan dosa seluruh manusia. Darah yang adalah hidup, ditumpahkan agar memberi hidup kekal bagi manusia. Minum anggur dari cawan pada saat Perjamuan Kudus, mengingatkan kita bahwa Yesus sendiri telah minum cawan murka Allah yang seharusnya diterima manusia
                    HKBP memahami bahwa Perjamuan Kudus dipahami sebagai “parhitean” untuk menerima tubuh dan darah Kristus yang sebenarnya. Yesus tidak mengubah hakikat roti dan anggur menjadi tubuh dan darahNya sendiri, juga tubuh dan darah Yesus tidak melekat pada roti dan anggur, melainkan bahwa melalui Perjamuan Kudus kita menerima tubuh dan darah Yesus yang masuk ke dalam tubuh rohani kita, sedangkan roti dan anggur tersebut masuk ke dalam tubuh jasmaniah kita. Artinya Perjamuan Kudus merupakan sarana menerima tubuh dan darah Kristus. 
                    Melalui Perjamuan Kudus manusia diyakinkan bahwa dia tumbuh menjadi satu tubuh dengan Kristus. Dengan demikian segala sesuatu yang adalah kepunyaan Dia boleh kita namakan kepunyaan kita.  
                       Melalui Perjamuan Kudus manusia diyakinkan bahwa kehidupan kekal yang telah diwarisinya menjadi milik manusia dan bahwa Kerajaan Sorga yang telah dimasuki-Nya tak dapat luput dari manusia sebagaimana tak dapat luput dari Dia.

4 comments:

  1. Sepertinyq keliru kalau dibilang Roti melambangkan Tubuh Kristus dan Anggur melambangkan Darah Kristus, seharusnya saat kita memakan Rori itu artinya kita memakan Tubuh Kristus, dan saat kita meminum Anggur itu berarti kita minum Darah Kristus.
    Mohon hilangkan saja kata melambangkan itu karena bisa jadi salah paham bagi jemaat yang membacanya, karena tradisi Perjamuan Kudus kita itu menggunakan istilah "Cosubstansi" dari doktrin Lutheran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya emang harus menggunakan lambang/symbol ibu. jika tidak menggunakan kata itu brrti roti dan anggur tidak memiliki makna sebagai tubuh dan darah Kristus

      Delete