Valentine's Day Pumping Heart

Friday, June 5, 2015

Pengertian katekisasi Sidi / Marguru malua dan tujuannya

  syaloomm, ini adalah pelajaran marguru malua atau katekisasi sidi yang saya dapat selama belajar dengan Pendeta saya selama marguru malua, saya harap dapat bermanfaat bagi saudara-saudara sekalian, selamat membaca :)


        Marguru Malua / Katekisasi Sidi / Naik Sidi
Yaitu mempersiapkan diri menjadi Kristen yang dewasa, medewasakan iman melalui alkitab. Dan diajak untuk mengenal jalan keselamatan yaitu Yesus Kristus.

       Katakhein yaitu pelajaran memberitakan / memberitahukan dan mengajak kepada orang-orang yang mau menerima, mendengar dan mengakui iman Kristen


        Arti kata Katekhein lebih ditekankan pada mengajar bukan dalam arti intelektualistis tetapi lebih kepada arti praktis, yaitu mengajar atau membimbing seseorang, supaya ia melakukan apa yang diajarkan kepadanya.

Katekumen yaitu pelakunya
       Katekisasi atau Katekese berasal dari kata kerja bahasa Yunani Κατεχειν (katekhein), yang berarti memberitakan, memberitahukan, mengajar, dan memberi pengajaran.

       Katekisasi yang dilakukan gereja adalah kegiatan pengajaran yang penting tentang iman juga merupakan pembentukan iman dari peserta katekisasi (katekisan atau calon warga sidi jemaat), sehingga melalui katekisasi warga gereja dilengkapi untuk mengenal dan percaya kepada Allah dalam Yesus Kristus sehingga sanggup menghayati, mentaati dan melaksanakan imannya dalam keluarga, gereja dan masyarakat

Tujuan Katekisasi Sidi :
1. Mendewasakan iman, kita dituntut supaya semakin bertumbuh dan matang dalam iman
2. Memperkenalkan Allah Tri Tunggal
·  Allah Bapa pencipta langit, bumi alam semesta
·  Yesus Juruslamat
·  Roh kudus yang memanggil, memepersatukan  dan mengajak kita
3. Memperkenalkan kita sebagai status anggota gereja dengan apa tanggung jawab kita
4. Mengarahkan kita hidup dalam kasih, kasih kepada Allah dan kepada sesama umat manusia
5. Agar kita mengena l dosa, supaya kita menghindari dosa agar menuju pertobatan
6. Dibimbing agar kita mau belajar dan hidup dalam firman Tuhan
7. Agar iman semakin matang yang didorong oleh hati nurani

ingin mengetahui lebih detail, atau mengetahui pelajaran materi lainnya, silahkan klik judul materi disebelah kanan anda ... terimakasih
silahkan klik dibawah ini untuk menambah wawasan kita : 
 
  1.    Pembagian Alkitab

61 comments:

  1. Syalom, salam kenal. aku mau minta tolong dong. kamu punya bahan materi Katekisasi HKBP gak?? aku butuh untuk tugas neh. thanx

    ReplyDelete
  2. Syalom salam kenal kembali
    Makasih sebelumnya sudah mengunjungi blog ini, kmu butuh materi nya tentang apa ya?

    ReplyDelete
  3. semua materi yang diajarkan di katekisasi HKBP. aku butuh untuk mengerjakan tugas.

    ReplyDelete
  4. Semua materi di blog ini semuanya termasuk materi pelajaran katekisasi sidi HKBP, cuma masih ada yg blum aku masukin materinya, mungkin aku bisa bantu memasukkan materi nya yg sesuai dgn tugas kmu aja

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klik kembali judul besarnya http://margurumalua.blogspot.co.id/?m=1 atau lihat fgn versi web kmu alan jelas melihat semua materinyaa

      Delete
    2. selamat malam bu syaa mau nanya teman nya mau naik sidi tapi dia gak bisa mengikuti pembelajaran dikarena teman saya ini berada diluar daerah informasinya sih harus bayar jadi langsung lulus
      kira kira bayar brapa ya

      Delete
  6. jadi semua isi di blog kamu ini adalah materi2 utk katekisasi yah? materi apa aja yang masih belum ada di blog ini?

    ReplyDelete
  7. Iya betul
    Secara umum materi yg akan dipelajari seperti:
    Semua yg berhubungan dgn Alkitab, hukum taurat, pengakuan iman rasuli, doa Bapa kami, sakramen baptisan dan perjamuan kudus, gereja.
    Tentang gereja seperti sejarah HKBP, arti ibadah gereja HKBP, gereja mula2, gereja reformasi, mengenai Martin Luther dan Nomensen dll belum ada aku masukkan

    ReplyDelete
  8. ouw, sebanyak itu kah materi2 nya??
    kira2 kapan akan kamu masukan sisa materi2 nya??
    maaf neh, jadi ngerepotin

    ReplyDelete
  9. Kembali kpada pendeta yang mengajar, ada menjelaskan lebih dalam lagi, atau secara umum atau bahkan menambah materi lainnya lagi.
    Tugas kmu materinya tentang apa? Saya masukkan sesuai materi tugas kmu aja

    ReplyDelete
  10. ouw...
    tugas aku itu mau meneliti semua bahan materi yang diajarkan di HKBP.

    ReplyDelete
  11. syalom, salam sejahtera untumu ,.
    mohon bantuan dari saudara/i, saya di katekisasi ada pengajar kasih tugas dan ini pertanyaannya
    1. Mengapa proses belajar mengajar harus mulai dari keluarga ,terus jawabannya disuruh lihat di Mazmur 78:3-7
    - Uraikan dan jelaskan secara singkat apa yg dimaksud didalam mazmur itu ,.
    itu saja dan mohon bantuannya ,.. trimakasih sebelumnya ,. syalom

    ReplyDelete
  12. Kak...sudah semua catatan kakak ksh masuk ke situ?tdk ada materi ttg kepastian keselamatan dgn okultisme kak?klo ada boleh uploadlah kak...

    ReplyDelete
  13. mksh sist buat materinya ;) bermanfaat bgt buat tugas saya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya terimakasih sis, silahkan tambah wawasan kita dengan menambah informasi dari sumber-sumber lainnya :)

      Delete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. Kak masukin materi Syarat untuk memahami dan menerima keberadaan sorga

    ReplyDelete
  16. sidi itu bisa galulus ya? klo nilai tes kita jelek

    ReplyDelete
  17. Syalom. Mau tanya, kalo ada seorang protestan ingin pindah keyakinan ke katolik karna alasan mengikut pasangan itu boleh atau tidak menurut ajaran katekisasi HKBP? Terima kasih, syalom..

    ReplyDelete
    Replies
    1. syalom, sesuai modern sekarang ini, itu boleh kak, dulu tahun 90an memang tidak bisa, tapi sekarang ini, sudah banyak kak dan tidak kenak siasat gereja /RPP apabila kita diberkati digereja katolik, nanti surat pernikahan dari katolik harus diberikan ke gereja HKBP untuk diwartakan digereja HKBP kalau sudah diberkati di Katolik. untuk lebih jelasnya silahkan ditanya ke pendeta gereja HKBP nya ya kak, semoga membantu

      Delete
  18. Motivasi kamu ikut belajar sidi apa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku belajar sidi di gereja GKI Papua ,tapi rencana mau SIDI di gereja HKBP PORESA ,persyaratan apa yang saya ambil dari gereja GKI PAPUA biar kita bisa sidi nya HKBP PORSEA .

      Delete
  19. syalom.saya mau tanya.apa arti dan tujuan MALUA.krna saya GEREJA DI KARIS MATIK.sementara orang TUA saya Gereja DI HKBP.

    ReplyDelete
  20. syalom.saya mau tanya.apa arti dan tujuan MALUA.krna saya GEREJA DI KARIS MATIK.sementara orang TUA saya Gereja DI HKBP

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tujuan Malua ialah mendewasakan Iman menjadi lebih dewasa yaa
      kita belajar tentang isi alkitab lebih intens dan memahami nya dengan baik dipandu oleh pendeta di gereja kita

      Delete
  21. Syalom Bu, saya juga mau nanya bagaimana perasaan anda ketika kegiatan katekisasi harus di lakukan dengan belajar tidak melalui proses tatap muka dikelas yah Bu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. syalom, tentu ada rasa sedih karena belajar tatap muka pasti lebih baik, tapi mengingat karena situasi pandemi seperti ini, kita harus bisa menerima nya, dan harus bisa memotivasi diri sendiri bahwa tidak ada halangan atau rintangan yang tidak bisa kita lewati

      Delete
  22. Shalom, saya butuh materi sumber belajar katekisasi apakah kamu ada🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Shalom, saya butuh materi sumber belajar katekisasi apakah kamu ada?🙏

      Delete
  23. Shalom, mohon bantuannya kak. Sumber belajar dan kurikulum katekisasi gereja kak. Kebutuhan buat tugas

    ReplyDelete
  24. Apakah bisa parguru malua tidak lulus ketika ujian sidi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tentu bisa ya, banyak aspek penilaian yang diberikan oleh pendeta nya masing- masing

      Delete
  25. Shalom, saya mau nanya tentang naik sidi..
    Bulan ini kan digerja kami ada pendaftaran naik sidi, tapi saya tidak ikut katekisasi sidi, apakah saya bisa ikut naik sidi walau tidak ada latihan tapi tetap mendaftar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mana boleh gitu kwkwkw

      Delete
    2. bisa maybe klo alasan nya ingin merantau atau akan menikah.

      Delete
  26. Mantap..semoga menambah wawasan bagi kita semua ruas HKBP..Haleluyah

    ReplyDelete
  27. Syalom ka matur tanya
    Apakah islam masuk Kristen itu benar?
    Dan apakah Kristen masuk islam itu benar?

    ReplyDelete
  28. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. syalom amang inang, terimakasih atas info nya, saya bukan seorang pendeta atau pelayan gereja penuh, untuk menjawab pertanyaan inang tsb silahkan menjumpai pendeta yang ada di gereja amang/inang yaa.. dan jika ditanya bagaimana pendapat saya, jawaban saya adalah saya akan berfokus kepada siapa saya berdoa bukan bagaimana budaya/tradisi/praktik saat saya berdoa. Di Alkitab bahkan tidak ada di ajarkan berdoa harus lipat tangan melainkan yang di tekankan dalam Alkitab ialah bagaimana hati kita tertuju kepada Tuhan.
      semoga jawaban saya cukup, terimakasih

      Delete
  29. syalom amang inang, terimakasih atas info nya, saya bukan seorang pendeta atau pelayan gereja penuh, untuk menjawab pertanyaan inang tsb silahkan menjumpai pendeta yang ada di gereja amang/inang yaa.. dan jika ditanya bagaimana pendapat saya, jawaban saya adalah saya akan berfokus kepada siapa saya berdoa bukan bagaimana budaya/tradisi/praktik saat saya berdoa. Di Alkitab bahkan tidak ada di ajarkan berdoa harus lipat tangan melainkan yang di tekankan dalam Alkitab ialah bagaimana hati kita tertuju kepada Tuhan.
    semoga jawaban saya cukup, terimakasih

    ReplyDelete
  30. Syalom, saya mau nanya. Kalau sedang dalam masa Parguru Malua, tapi harus keluar kota untuk melanjutkan pendidikan, bagaimana ya?.Apakah akan mengulang ketika diluar kota, atau dipindahtugaskan dan semacamnya?? Kiranya berkenan menjawab pertanyaan saya. Saya butuh arahannya hhh, Terima Kasih.

    ReplyDelete
  31. syalom berapa lama rata rata pembelajaran sidi

    ReplyDelete
  32. Mau tanyak kak, umur saya kan sudah 20 tahun dan rencana tahun depan saya mau nikah,dan tadi saya baru saja belajar sidi dan kata pendeta nya saya belajar sidi itu 2 tahun kak, dikarenakan covid sedangkan saya tahun depan menikah, gimana solusi yang baik menurut admin???🙏🙏

    ReplyDelete
  33. syalom,

    mau nanya saudara, syarat naik sidih beda gereja, tp masih satu gereja hkbp

    beda lokasi doang mksd ny

    ReplyDelete
  34. Syalom saya ingin bertanya. Pasangan saya jemaat kharismatik sedangkan saya jemaat HKBP. Apakah nantinya pasangan saya harus mengikuti katekisasi (sidi) di HKBP? Sebab dia hanya memiliki Surat Baptis. Dan berapa lama proses belajar Sidi tersebut? Sekiranya Amang/Inang dan Kakak abang ada yang bisa bantu jawab. Mauliate

    ReplyDelete
  35. Syalom kak, amang/inang selamat malam, saya mau bertanya materi katekisasu bersifat dinamis, berkembang sesuai kebutuhan jaman. Menurut kakak, amang/inang apa materi pengajaran yang perlu ditambah dari yang sudah ada, dan apa alasannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga ingin bertanya mengenai hal tersebut.

      Delete
    2. Menurutk saya pribadi, ajaran haruslah murni tidak berubah walau jaman semakin modern, hanya saja seharusnya zaman ataupun praktik kehidupan seharusnya berkembang sesuai dan selaras dengan ajran Injil murni!

      Sekian terimakasih!

      Delete
  36. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  37. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  38. Shalom. Saya Protestan ..orangtua saya terdaftar di HKBP. Kedua orangtua saya sudah tiada sedangkan saya belum malua. Saya mau tanya, apakah benar sebelum kita naik sidi/malua... yang menanggung dosa kita adalah orangtua kita. Terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  39. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  40. Aku belajar sidi digereja GKI PAPUA ,jadi rencana saya mau sidi digereja HKBP dikampung .jadi persyaratan apa yg saya penuhi dari gereja GKI papua biar saya bisa sidi di gereja HKBP itu

    ReplyDelete
  41. kak untuk materi nommensen dan Martin Luther apakah akan ditambahkan? terimakasih kak

    ReplyDelete